Salam Kenal

Hai…

Selamat datang di “KEBUN di RUMAH”

Memiliki kebun di rumah adalah hal yang menyenangkan, terlebih lagi bagi penggemar tanaman. Aktivitas berkebun, bagi yang menyukainya, sering kali membuat pikiran “tenggelam” bersama dengan kehidupan tanaman untuk sesaat. Satu perasaan menenangkan dan nyaman, membuat para penggemar tanaman banyak meluangkan waktunya untuk berada diantara koleksi tanaman mereka.

Sebagai awam dalam bidang botani dan flora, banyak hal yang tidak saya ketahui dan mengerti mengenai aktivitas berkebun untuk mendapatkan hasil sebagaimana diharapkan. Melalui beberapa percobaan dan informasi dari media cetak dan elektronik, saya mencoba untuk merangkum dan menyederhanakan proses aktivitas berkebun agar dapat dilakukan dengan lebih mudah dan nyaman.

Beberapa teori dan metode, baik berupa eksperimen pribadi atau saduran / terjemahan dari beberapa artikel yang telah disesuaikan, dimana sekiranya dapat diterapkan secara umum untuk wilayah geografis Indonesia, telah saya tuangkan dalam bentuk beberapa artikel di situs ini.

Semoga keberadaan beberapa artikel tentang merawat tanaman (khususnya tanaman hias) dalam situs ini dapat menjadikan aktivitas anda dalam berkebun lebih mudah dan nyaman dengan hasil yang lebih baik dan mendekati apa yang diharapkan.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu untuk mengunjungi “KEBUN di RUMAH”.

Salam… ☺

16 tanggapan untuk “Salam Kenal”

    1. Salam kenal juga… Tidak terlalu banyak buku yang membahas mengenai tehnik menanam hidroponik. Mungkin anda bisa mendapatkannya di internet. Saya tidak pernah mencoba mencarinya.

      Tehnik ini kurang populer karena tanah (soil) di Indonesia sangat kaya dan memudahkan untuk menghasilkan kualitas produk tanaman yang sama dengan biaya lebih murah. Sedikit yang pernah saya ketahui dan kemudian mengurungkan niat untuk bereksperimen tentang tehnik hidroponik adalah mengenai pemeliharaan tingkat pH dan kualitas airnya yang harus benar-benar terjaga. Takaran dan bahan dasar pupuk yang tepat merupakan kuncinya.

  1. Salam Kenal, Trim’s atas semua tulisan anda, karena sangat bermanfaat bagi kegiatan sampingan, sambil mengisi hari-hari pensiun, Selamat semoga sukses selalu

  2. aslm. salam kenal. untuk mengatasi layu/daun kuning dan bsuk ujung buah pada tanaman timun apa ramuan bahan.nya gan ? mhon jwaban.nya trims. berkata:

    trims, slam kenal .ini petani baru.
    blognya mantap gan . . !

Tinggalkan komentar

Alternatif Cara Memelihara & Merawat Tanaman di Rumah